Burung Bangau dan Burung Merak yang Sombong

BURUNG BANGAU DAN BURUNG MERAK YANG SOMBONG



           Adik-adik yang manis jumpa lagi dengan saya Mantan Guru, kali ini Mantan Guru akan bercerita tentang kisah Burung bangau dan Burung merak yang sombong. adik-adik sudah taukan seperti apa burung merak itu??? burung merak memeiliki bulu yang sangat indah. yuk sama-sama kita ikuti jalan ceritanya.




           pada suatu hari di pedalaman  hutan disebuah danau hiduplah seekor burung merak yang sangat indah, dengan bulu-bulu berwarna hijau yang mengkilap bila terkena cahaya matahari.  sang merak sambil melihat bayangan dirinya di permukaan danau dia berkata.. 
waowwwww indah betul ini bulu-buluku, cantik sekali kalau dilihat. tidak ada satupun hewan di hutan ini yang bisa mengalahkan keindahan bulu-buluku. kata burung merak itu dengan bangganya. 
tak berselang lama datanglah seekor bebek ke danau tersebut untuk mencari makan, lagi asik-asiknya ni si bebek cari makan tiba-tiba terdengar suara panggilan tidak jauh dari tempatnya si bebek itu mencari makan.
"bebek... bebek.. bebek.. sini cepet, bebek..bebek ayo kesini, teriak si Merak yang sombong.

si bebek pun datang mendekati si burung merak yag sombong itu.


"ada apa merak?? kenapa panggil-panggil aku?
“kesini dan coba lihatlah bulu-buluku yang indah ini, warna hijaunya sangat terang, lebih terang dibanding hijaunya dedaunan di hutan ini. keindahan bulu-buluku tidak ada yang bisa menyaingi, beda jauh sekali dengan bulu-bulumu bebek. bulumu tipis dan berwarna kusam tak indah dipandang, kata merak dengan sombongnya”



bebek yang tidak suka berdebat itupun pergi meninggalkan si merak yang sombong tanpa mengatakan apapun.


"ah bebek, kenapa pergi, coba lihatlah dulu keindahan bulu-buluku ini, dasar kau ini memang bebek yang payah dan jelek," kata si merak yang sombong itu melihat bebek pergi meninggalkannya.



tidak beberapa lama setelah kepergian si bebek hinggaplah si Bangau di danau itu. dan seperti biasa si Merah yang sombong itu langsung merentangkan bulu-bulunya yang indah itu di bawah terpaan sinar matahari.



"bangau... bangau.. bangau... lihatlah!... dapatkah kamu mengalahkan keindahan bulu-buluku ini, aku bermandikan kemewahan dan pelangi, berbeda sekali dengan bulumu yang kusan dan kelabu seperti abu dan debu"
 

bangaupun merentangkan sayapnya dengan lebar-lebar dan kemudian ia terbang ke atas. di atas bangau berkata pada merak

"Hai merak yang sombong, aku memang tak memiliki bulu yang seindah seperti yang kau miliki, bulu-buluku juga tak berwana cerah menyala seperti bulu yang kau miliki tapi apakah kau bisa terbang seperti aku???? ikutilah aku jika kau bisa merak!!..." kata bangau sambil tersenyum.

Akan tetapi merak hanya bisa diam dan berdiri terpaku melihat burung merak terbang berputar di atasnya, karena burung merak tak bisa terbang ke atas seperti bangau.

Nah adik-adik yang baik dan manis, dari cerita bangau dan burung merak yang sombong di atas dapat diambil hikmahnya yaitu "Janganlah kita menyombongkan diri terhadap apa yang kita miliki, karena mungkin saja mereka memiliki apa yang kita tidak miliki"

demikian cerita dari saya Mantan Guru semoga terhibur dan dapat mengambil hikmah yang baik dari cerita Bangau dan burung merak yang sombong di atas.


untuk video + musik pengantar tidur silahkan download video berikut:


2 Responses to "Burung Bangau dan Burung Merak yang Sombong"

  1. Replies
    1. terimakasih, semoga bisa diambil hikmah dari cerpen di atas. dan dapat disampaikan ke adik-adik atau anak-anak, yang diharapkan dapat embangun sifat positif. Amiin

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel